Selasa, 10 Agustus 2010

Hidup Butuh Perjuangan

“The secret of life is to appreciate the pleasure of being terribly, terribly deceived” ( Oscar Wilde, 1854-1900)

Hidup butuh perjuangan

Seorang anak kecil menemukan sebuah kepompong. Tak beberapa lama kemudian, kepompong tersebut sedikit demi sedikit membuka. Anak kecil itu lalu duduk dan mengamati kupu-kupu dalam kepompong tersebut selama beberapa jam. Kupu-kupu itu berupaya sekuat tenaga untuk memaksa agar dirinya dapat keluar dari sebuah lubang yang sangat kecil pada kepompongnya.
Akhirnya kupu-kupu tersebut berhenti dan tidak membuat suatu kemajuan. Tampaknya kupu-kupu tersebut telah sampai pada titik dimana ia tidak dapat meneruskan upayanya lagi. Lalu anak kecil itu memutuskan untuk menolong sang kupu-kupu yang terjebak dalam sebuah kepompong.
Ia mengambil sebuah gunting dan memotong sisa kepompong tersebut. Kupu-kupu itu lalu berhasil keluar dengan mudah. Namun sayangnya, kupu-kupu itu memiliki tubuh yang panjang dan kecil, serta sayap yang kusut. Anak itu terus mengamati kupu-kupu itu sambil berharap bahwa suatu ketika sayap-sayapnya akan membesar dan melebar, sehingga kupu-kupu itu dapat menahan beban tubuhnya, yang dapat berubah menjadi lebih kecil jika telah tiba saatnya.]
Namun ternyata tak satupun harapan anak itu terkabul. Sebaliknya, kupu-kupu itu malah melewati sisa hidupnya dengan merangkak dengan tubuh yang mungil, serta sayap-sayap yang kusut. Kupu-kupu itu bahkan tidak dapat terbang sama sekali.
Anak kecil ini hanya ingin membantu kesusahan yang dialami si kupu-kupu. Tapi sesungguhnya ia belum mengetahui bahwa kepompong justru berperan sebagai pelindung seorang kupu-kupu menuju suatu proses alami yang disebut metamorfosa. Proses inilah yang akan menghantarkan cairan yang berasal dari tubuh kupu-kupu tersebut ke sayap-sayapnya sehingga kupu-kupu itu akan mampu terbang dengan seketika ia berhasil keluar bebas dari kepompongnya.
Kadang perjuangan merupakan hal yang kita butuhkan dalam hidup. Jika kita menjalani hidup tanpa hambatan, justru kita akan cacat atau kehilangan kemampuan untuk mengatasi tantangan dalam hidup. Kita tidak akan menjadi sekuat diri kita saat ini, dan kita tidak akan pernah mampu terbang.
Nikmatilah hari-hari Anda dan teruslah berjuang! Ketika Anda berada di bawah tekanan dan stres, ingatlah selalu bahwa Anda akan menjadi orang yang lebih baik lagi setelah Anda mampu mengatasi berbagai tantangan dalam hidup Anda.

0 komentar:

Posting Komentar